Selamat datang di Blog Alfarish Blog yang menyediakan kisah kisah yang sangat luar biasa dan penuh hikmah, berilah komentar anda di setiap tulisan Selamat Membaca

Google Jadikan UIN Sunan Ampel Kampus Cyber


http://images.detik.com/content/2013/12/03/398/1googleoffice.jpg
Pergantian status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya menjadikan kampus ini tak kemudian berleha-leha. Mereka ingin mewujudkan semangat baru. Kampus yang terletak di Jalan Ahmad Yani 117 ini menggandeng Google untuk mewujudkan Cyber Islamic Campus.
"Semangat baru itu antara lain menjadi kampus Islam berbasis teknologi, tapi teknologi itu bukan sekadar untuk pembelajaran, namun juga pengembangan minat mahasiswa dan transparansi kampus," kata Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Dr H Abd A'la MAg di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya, Selasa, (3/12/2013).

Google sendiri, melalui salah satu rekanannya yang berada di Indonesia, yakni SADA System Asia menjelaskan bahwa Google sudah mengembangkan program Google Apps For Education pada sejumlah kampus yakni Unair, ITS, UK Petra, Ubaya, Umsia dan Unibraw.

"Prinsipnya program Google Apps for Education adalah pengembangan email dalam bentuk komunikasi dan kolaborasi, sehingga konsultasi skripsi akan bisa dilakukan dalam jarak jauh," jelas Pimpinan SADA, Johannes Chandra.

Fasilitas dalam program Google Apps for Education adalah Gmail berkapasitas 30 GB antispam, kalender untuk agenda kolaboratif, Google Docs, Chat (teks, audio, video conference), dan Google Site (membuat situs pribadi atau organisasi/kelompok).

"Kepentingan kami adalah terciptanya kebiasaan menggunakan Google dan mewujudkan kepedulian kepada dunia pendidikan, karena Google sendiri tercipta dari proses perkuliahan," sambung Johannes.

Tak hanya itu antara mahasiswa, antar dosen, dan lintas civitas akademika juga bisa berkomunikasi dan berkolaborasi yang sama, sehingga inovasi akan mudah muncul dalam kerja sama itu.



"Tapi, semua informasi itu internal, sehingga mereka yang bukan civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya akan sulit masuk, termasuk untuk kepentingan plagiarisme, karena ada login khusus," katanya.

Google Apps for Education merupakan aplikasi yang dikembangkan Google khusus untuk dunia pendidikan. Aplikasi ini dirancang agar data tetap aman, terlindungi dan berada dalam kontrol kepada siapa dan bagaimana membagikannya.

Google Apps for Education juga dapat bekerja melalui aplikasi yang berbasis Android maupun iPhone. Piranti lunak ini juga mampu membuat organisasi dan suborganisasi sebagai wadah bagi akun mahasiswa, dosen dan karyawan yang akan dibuat. Kemudian membuat akun untuk semua warga kampus dan membuat group-group akun, agar lebih efisien dalam berkolaborasi dan sharing file. 

1 comments:

Mike Andrew mengatakan...

Toyota Sienna